Friday, September 28, 2018

Tipe Data, Variabel dan Konstanta Pascal

TIPE DATA
Pada umumnya, program komputr bekerja dengan manipulasi objek (data) didalam memori. Objek (data) yang akan di program bermacam-macam jenis ayau tipenya.
Jenis-jenis tipe data dasar yang dikenal dalam bahasa pascal antara lain :
Boolean : tipe data bilangan logika, hanya bisa bernilai True (Benar) atau False (Salah)
Integer : merupakan tipe data bilangan bulat. Macam tipe data bilangan bulat :
Tipe
Rentang Nilai
Ukuran
byte
0….255
8 bit
shortint
-128…..127
8 bit
word
0….65535
16bit
integer
-32768….32767
16 bit
longint
-2147483648…..2147483647
32 bit
Real : merupakan tipe data bilangan desimal. Macam tipe data bilangn real:
Tipe
Rentang Nilai
Ukuran
real
2.9 x 10-39….1.7 x 1038
6 byte
single
1.5 x 10-45….3.4 x 1038
4 byte
double
5.0 x 10-324…1.7 x 10308
8 byte
extended
3.4 x 10-4932…1.1 x 104932
10 byte
Char : merupakan tipe data karakter
Char (charakter) adalah semua tombol yang terdapat pada keyboard, atau lebih lengkapnya semua karakter yang terdapat pada kode ASCIL. Karakter yang dimaksud yaitu karakter yang di tulis diantara tanda petik tunggal, seperti misalnya ‘A’,’a’, ‘!’, ‘5’ dsb.
String
String adalah kumpulan dari beberapa karakteryang terletak diantara tanda petik tunggal yang panjangnya tidak boleh lebih dari 255 karakter. Jika jika string tersebut mengandung tanda kutip satu maka tanda kutip tersebut harus diberi tanda kutip lagi.
Program Deklarasi dan contoh pengisian tipe data dasar
Program Tipe_Data;
Const   {nama konstanta}
   phi = 3.14; Nmaks = 200;
  
Var            {nama variabel}
   luasL : real; nilai : integer;
   indeks : char; ketemu : boolean;
   Nama_Mhs : string;
  
Begin   {deskripsi program}
   luasL := 32.4; nilai := 68;
   indeks := ‘A’; ketemu := false;
   Nama_Mhs   := ‘Blaise Pascal’;
end.

VARIABEL DAN KONSTANTA

VARIABEL
Variabel digunakan dalam program untuk menyimpan sebuah nilai, dan nilai yang simpan padanya dapat diubah  selama ekstensi program berlangsung.
Setiap variabel mempunyai tiga atribut, yaitu nama, tipe, dan nilai. Nama variabel adalah sebuah identifier yang ditentukan oleh programmer. Tipe variabel menentukan jenis nilai/harga yang dipunyai atau melekat padanya. Untuk menentukan nama dan tipe variabel yang akan digunakan pada program, maka variabel harus dideklarasikan terlebih dahulu.
Bentuk umum deklarasinya adalah :
VAR
Identifier-1   : tipe data;
Identifier-2   : tipe_data;
Identifier-3, identifier-4, identifier-5,… : tipe_data;
               . . .
Identifier-n   : tipe_data
Contoh:
VAR
Nama : String; {variabel nama tipe string}
Nim : integer; {variabel nim bertipe integer/bilangan bulat}
Jns_kelamin : char;    {variabel jns_kelamin bertipe karakter}
Nilai : real;          {variabel nilai bertipereal/bilangan desimal}
Nilai_uts, nilai_uas, nilai_tugas : real;
{variabel dengan nama Nilai_uts, nilai_uas, nilai_tugas bertipe sama yaitu real}

KONSTANTA
Konstanta merupakan nilai yang sifatnya tetap dan nilai yang disimpan padanya tidak dapat diubah selama eksekusi program berlangsung. Untuk mendefinisikan konstanta harus memakai kata kunci const dengan bentuk umum :
Const nama_konstanta= nilai;
Konstanta harus langsung diisi dengan  nilai tertentu sebagai contoh:
Const phi = 3.14;
Program menghitung dan menampilkan Luas dan keliling lingkaran dengan nilai jari-jari yang sudah terdefinisi.
Program _Lingkaran ;
Const
   phi = 3.14;
Var
   jari_jari, luas, keliling, : Real;
Begin
   jari_jari := 7;
   luas := phi * jari_jari * jari_jari;
   keliling := 2 * phi * jari_jari;
   writeln(‘Luas Lingkaran =’,luas);
   writeln(‘Keliling Lingkaran =’,keliling); 
   readln;
end.

Tampilan pada layar
Luas Lingkaran = 1.53860000000102E+0002
Keliling Lingkaran = 4.39600000000210E+0001


No comments:

Post a Comment