TIPE DATA
Pada umumnya, program komputr bekerja dengan
manipulasi objek (data) didalam memori. Objek (data) yang akan di program
bermacam-macam jenis ayau tipenya.
Jenis-jenis tipe data dasar yang dikenal dalam bahasa
pascal antara lain :
Integer : merupakan tipe data bilangan bulat. Macam tipe
data bilangan bulat :
Tipe
|
Rentang Nilai
|
Ukuran
|
byte
|
0….255
|
8 bit
|
shortint
|
-128…..127
|
8 bit
|
word
|
0….65535
|
16bit
|
integer
|
-32768….32767
|
16 bit
|
longint
|
-2147483648…..2147483647
|
32 bit
|
Real : merupakan tipe data bilangan desimal. Macam
tipe data bilangn real:
Tipe
|
Rentang Nilai
|
Ukuran
|
real
|
2.9 x 10-39….1.7 x 1038
|
6 byte
|
single
|
1.5 x 10-45….3.4 x 1038
|
4 byte
|
double
|
5.0 x 10-324…1.7 x 10308
|
8 byte
|
extended
|
3.4 x 10-4932…1.1 x 104932
|
10 byte
|
Char : merupakan tipe data karakter
Char (charakter) adalah semua tombol yang terdapat pada keyboard, atau lebih lengkapnya semua karakter yang terdapat pada kode ASCIL. Karakter yang dimaksud yaitu karakter yang di tulis diantara tanda petik tunggal, seperti misalnya ‘A’,’a’, ‘!’, ‘5’ dsb.
Char (charakter) adalah semua tombol yang terdapat pada keyboard, atau lebih lengkapnya semua karakter yang terdapat pada kode ASCIL. Karakter yang dimaksud yaitu karakter yang di tulis diantara tanda petik tunggal, seperti misalnya ‘A’,’a’, ‘!’, ‘5’ dsb.
String
String adalah kumpulan dari beberapa karakteryang terletak diantara tanda petik tunggal yang panjangnya tidak boleh lebih dari 255 karakter. Jika jika string tersebut mengandung tanda kutip satu maka tanda kutip tersebut harus diberi tanda kutip lagi.
String adalah kumpulan dari beberapa karakteryang terletak diantara tanda petik tunggal yang panjangnya tidak boleh lebih dari 255 karakter. Jika jika string tersebut mengandung tanda kutip satu maka tanda kutip tersebut harus diberi tanda kutip lagi.
Program Deklarasi dan contoh pengisian tipe data dasar
Program Tipe_Data;
Const {nama konstanta}
phi = 3.14; Nmaks = 200;
Var {nama variabel}
luasL : real; nilai : integer;
indeks : char; ketemu : boolean;
Nama_Mhs : string;
Begin {deskripsi program}
luasL := 32.4; nilai := 68;
indeks := ‘A’; ketemu := false;
Nama_Mhs := ‘Blaise Pascal’;
end.
VARIABEL DAN KONSTANTA
VARIABEL
Variabel digunakan dalam program untuk menyimpan
sebuah nilai, dan nilai yang simpan padanya dapat diubah selama ekstensi
program berlangsung.
Setiap variabel mempunyai tiga atribut, yaitu nama,
tipe, dan nilai. Nama variabel adalah sebuah identifier yang ditentukan oleh
programmer. Tipe variabel menentukan jenis nilai/harga yang dipunyai atau
melekat padanya. Untuk menentukan nama dan tipe variabel yang akan digunakan
pada program, maka variabel harus dideklarasikan terlebih dahulu.
Bentuk umum deklarasinya adalah :
VAR
Identifier-1 : tipe data;
Identifier-2 : tipe_data;
Identifier-3, identifier-4, identifier-5,… : tipe_data;
. . .
Identifier-n : tipe_data
Contoh:
VAR
Nama : String; {variabel nama tipe
string}
Nim : integer; {variabel nim bertipe
integer/bilangan bulat}
Jns_kelamin : char; {variabel
jns_kelamin bertipe karakter}
Nilai : real; {variabel nilai
bertipereal/bilangan desimal}
Nilai_uts, nilai_uas, nilai_tugas : real;
{variabel dengan nama Nilai_uts, nilai_uas, nilai_tugas bertipe sama yaitu
real}
KONSTANTA
Konstanta merupakan nilai yang sifatnya tetap dan
nilai yang disimpan padanya tidak dapat diubah selama eksekusi program
berlangsung. Untuk mendefinisikan konstanta harus memakai kata kunci const
dengan bentuk umum :
Const nama_konstanta= nilai;
Konstanta harus langsung diisi dengan nilai
tertentu sebagai contoh:
Const phi = 3.14;
Program menghitung dan menampilkan Luas dan keliling
lingkaran dengan nilai jari-jari yang sudah terdefinisi.
Program _Lingkaran ;
Const
phi = 3.14;
Var
jari_jari, luas, keliling, : Real;
Begin
jari_jari := 7;
luas := phi * jari_jari *
jari_jari;
keliling := 2 * phi * jari_jari;
writeln(‘Luas Lingkaran =’,luas);
writeln(‘Keliling Lingkaran
=’,keliling);
readln;
end.
Tampilan pada layar
Luas Lingkaran = 1.53860000000102E+0002
Keliling Lingkaran = 4.39600000000210E+0001
No comments:
Post a Comment